Beranda » Kebahasaan » Terima Kasih atau Terimakasih, Mana Penulisan yang Benar?

Terima Kasih atau Terimakasih, Mana Penulisan yang Benar?

Mana penulisan yang benar? Terima kasih atau terimakasih? Yang tepat adalah terima kasih (dipisah dengan spasi).

Masih banyak orang yang menulis terimakasih (dengan disambung). Padahal penulisan seperti itu kurang tepat. Seharusnya unsur gabungan kata atau yang juga biasa disebut dengan kata majemuk penulisannya dipisah bukan disambung kecuali kata-kata tertentu yang sudah padu seperti kacamata, matahari, perilaku, dan beasiswa. Kata terima kasih bukan gabungan kata yang penulisannya sudah padu, jadi harus dipisah.

Penulisan gabungan kata ini diatur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) halaman 19-20. Berdasarkan aturan tersebut:

  • Unsur gabungan kata ditulis secara terpisah jadi penulisan yang benar adalah terima kasih.
  • Kata yang bisa memicu salah pengertian, penulisannya menggunakan tanda hubung di antara unsur-unsurnya, misalnya: istri-pejabat, sejarah-baru. Ini tidak berlaku untuk kata terima kasih, karena tidak akan menimbulkan salah pengertian.
  • Jika mendapat awalan atau akhiran, gabungan kata tetap ditulis terpisah jika asalnya memang ditulis terpisah. Contohnya jika kata terima kasih mendapatkan awalan ber-, penulisannya menjadi berterima kasih.
  • Jika gabungan kata mendapat awalan dan akhiran sekaligus, penulisannya disambung. Namun ini tidak terjadi pada kata terima kasih. Hal itu karena tidak ada kata-kata seperti diterimakasihkan, menerimakasihkan, dan menerimakasihi. Seandainya ada kata-kata tersebut maka penulisannya disambung.
  • Gabungan kata yang sudah padu, penulisannya disambung. Misalnya kacamata, matahari, perilaku dan beasiswa. Lalu bagaimana dengan terima kasih? Apakah terima kasih adalah gabungan kata yang sudah padu? Ini bisa jadi membingungkan karena saking seringnya terima kasih ditulis disambung menjadi terimakasih, itu menimbulkan seolah-olah gabungan kata terima kasih ini sudah padu. Untuk mengatasinya, kita perlu mengecek KBBI sebagai rujukan penulisan yang baku. Dalam KBBI, kata terima kasih ditulis terpisah, jadi penulisannya harus dipisah.
Baca Juga :  Penulisan Nama Kota yang Benar

Berdasarkan pemaparan di atas, penulisan yang benar adalah terima kasih bukan terimakasih.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Previous

Penulisan “di” yang Benar, Jangan Sampai Salah Lagi!

Penulisan Nama Kota yang Benar

Next