penyebab dan cara menghilangkan pikiran negatif

Penyebab dan Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Setiap orang biasanya pernah mengalami masa-masa yang sulit berupa tekanan psikologis dan kecemasan. Tak terkecuali bagi mereka para siswa entah itu di sekolah perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang lain. Masa-masa sulit seperti ini biasanya disertai dengan pikiran negatif yang gelap dan terkadang bisa menyebabkan malapetaka seperti penyakit mental, menutup diri dari dunia luar, bahkan bunuh diri. Atas dasar hal tersebut, maka perlu dijelaskan penyebab dan cara menghilangkan pikiran negatif.

Penyebab Pikiran Negatif

  • Tidak mempunyai motivasi dan tujuan dalam hidup. Terlalu fokus pada kesalahan yang telah dibuatnya serta menyalahkan diri sendiri pada hal yang pernah terjadi.
  • Selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain terutama yang statusnya lebih baik. Ini bisa menyebabkan pikiran negatif dan gelap tentang diri dan kemampuan serta akan membuat orang tersebut kurang produktif dalam hidup baik itu di rumah, di sekolah, atau di tempat kerja.
  • Pola asuh yang buruk dalam keluarga. Ini akan menimbulkan pikiran negatif dan membuat hidup menjadi gelap terutama bagi mereka yang masih usia anak-anak.
  • Menutup diri dan menghindari komunitas di lingkungan tempat tinggal. sikap seperti ini justru memperparah kecemasan dan membuat seseorang berpikir negatif dalam semua aspek kehidupan.
  • Masalah dan pikiran negatif yang didapatkan seseorang sejak kecil dan terus bersamanya sampai dewasa. Hal ini menyebabkan masalah dan kecemasan yang terus-menerus sehingga seseorang hidupnya selalu terkekang oleh masalah tersebut. Ini akan menghalangi orang tersebut memikirkan kehidupannya dan meraih impiannya.
  • Kurangnya manajemen waktu dan adanya waktu luang yang terlalu banyak. Itu akan membuat seseorang terlalu fokus pada diri sendiri dan terlalu fokus pada masalah-masalahnya serta membuatnya berpikir sempit. Ini akan berdampak negatif pada proses pendidikan dan pencapaian hidup.
  • Membesar-besarkan hal-hal negatif, terlalu fokus pada hal tersebut, dan menjadikan itu sebagai masalah.
  • Kurangnya rasa percaya diri baik dari segi penampilan maupun segi kemampuan yang dimiliki. Ini akan membuat seseorang menjadi bingung dan sulit berpikir serta menjadi kurang fokus.
  • Selalu bersama-sama dengan orang yang pasif. Itu akan membuatnya terpengaruh dan menjadi pasif juga serta memperparah pikiran negatifnya. Biar bagaimanapun sahabat atau teman akan saling mempengaruhi dalam hal positif maupun negatif.
  • Tidak menerima saran dan takut dikritik. Ini akan menyebabkan meningkatnya kepekaan terhadap kata-kata yang mengandung saran dan bimbingan. Ini akan membuat seseorang menjadi takut atau kagum secara terus-menerus dalam melakukan hal-hal baru.
  • Mendapatkan teguran atau kecaman yang terus-menerus dari orang tua, teman, guru, atasan, atau orang lain di sekolah atau lingkungan rumahnya. Ini bisa berdampak negatif pada seseorang dalam proses pendidikan, pekerjaan, atau kehidupan secara umum.
  • Menanggapi acara TV atau film dengan pikiran negatif atau menonton sesuatu yang memperkenalkan ide-ide negatif. Ini akan mempengaruhi pemikiran manusia dengan negatif dan mungkin mereka akan meniru hal-hal negatif yang mereka tonton dalam video atau film tersebut.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Setelah mengetahui apa saja penyebab pikiran negatif, sekarang mari kita bahas bagaimana cara menanganinya. Berikut adalah cara menghilangkan pikiran negatif:

  • Berusahalah untuk santai dan menerima diri sendiri apa adanya serta jangan membesar-besarkan hal negatif. Masalah adalah hal yang selalu ada dalam hidup dan bukan hanya anda yang mengalaminya. untuk itu jangan terlalu membesar-besarkan masalah sehingga Anda bisa menyelesaikan dan menanganinya dengan baik.
  • Singkirkan pikiran negatif dengan cara tidak terlalu fokus pada hal tersebut. Carilah ide positif yang bisa melayani aspirasi dan tujuan Anda. Maka dari itu Anda perlu menetapkan tujuan dan prioritas serta berusaha untuk mencapai dan meraihnya.
  • Cobalah hal-hal baru dan lupakan hal-hal negatif dalam hidup Anda. Anda bisa mencoba hal-hal baru seperti menulis, memasak, olahraga, seni, keterampilan, dan lain sebagainya. Ini akan membuat anda sibuk dan tetap fokus sehingga bisa melupakan pikiran negatif.
  • Mengubah lingkungan sekitar, mengatur pola hidup dan tidak memikirkan sesuatu yang negatif. Langkah ini penting untuk menghilangkan pikiran negatif dan memulai kehidupan secara normal dan penuh dengan sesuatu yang positif.
  • Tulislah kekuatan Anda dan fokuslah pada itu serta cobalah untuk mengembangkan kekuatan tersebut. Kembangkan diri Anda di bidang yang Anda sukai dan cobalah melakukan hal-hal baru yang bisa menyoroti kekuatan Anda.
  • Bantulah orang lain dan berikan bantuan kepada semua orang yang membutuhkan. Ini bisa membawa ketenangan batin dan meningkatkan hal-hal positif dalam diri Anda serta membawa pada kebahagiaan.
  • Baca buku-buku baru dan kembangkan diri Anda di bidang budaya meskipun itu secara online. Dapatkan pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan kognitif Anda. Dengan begitu Anda akan lebih percaya diri ketika sedang duduk bersama orang lain dan membicarakan tentang budaya mereka.
  • Abaikan dan lupakan masalah yang bisa menyebabkan stres dan kecemasan bagi diri Anda. Tetap lanjutkan hidup dan raihlah impian Anda.
  • Melakukan kontak sosial dengan orang lain dan tidak menutup diri. Fokuslah pada orang-orang yang membuat Anda merasa nyaman dan memberikan Anda kebahagiaan. Cobalah untuk keluar rumah setiap hari dan bersosialisasi dengan orang lain untuk merasakan kehangatan sosial dan menjauh dari isolasi.
  • Ikuti acara TV film atau serial yang positif. Ini dilakukan agar Anda tetap positif dan bahagia.
  • Pelajarilah bahasa baru. Bahasa dapat membuka pintu bagi Anda terhadap dunia luar. Anda bisa memperoleh kebudayaan dan keterampilan. Ini akan bisa menghindari pikiran negatif dan kebosanan.

Sebagaimana pemaparan di atas tentang penyebab dan cara menghilangkan pikiran negatif, pikiran negatif bisa diubah menjadi positif. Namun itu memerlukan kegigihan dan tekad yang kuat. Kita tidak boleh menyerah dalam mengatasi pikiran negatif tersebut supaya pikiran negatif tersebut tidak menghancurkan hidup dan mengacaukan semuanya.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar