Peran Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata kimia? Apakah kata itu terdengar negatif atau positif? Mungkin banyak orang yang berasumsi kalau kimia itu hal yang negatif. Namun, apakah benar demikian?

Sering kita jumpai, banyak iklan atau penawaran produk yang melontarkan kata-kata semacam “bebas bahan kimia”. Bisa jadi, dari sinilah orang-orang akhirnya berpandangan buruk terhadap bahan-bahan kimia.

Sebenarnya, kimia tidak selalu buruk. Kimia adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Bahan-bahan kimia ada di mana-mana. Makanan yang Anda makan, oksigen yang Anda hirup, motor yang kamu kendarai, semuanya tersusun dari bahan-bahan kimia. Bahkan, kamu sendiri pun tersusun dari bahan-bahan kimia.

Reaksi-reaksi kimia pun juga terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Terbakarnya benda, berkaratnya besi, bersihnya tubuhmu setelah mandi dengan sabun, dan masih banyak lagi.

Sekarang kamu sudah mengetahui fakta bahwa kimia itu penting,. Lalu, sebenarnya apa peranan kimia dalam kehidupan sehari-hari?

Peran Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Kimia sebenarnya berperan besar dalam kehidupan sehari-hari. Peran kimia bisa kita jumpai di berbagai lini kehidupan.

Peran Kimia dalam Bidang Pertanian dan Pangan

Kajian kimia menghasilkan produk-produk kimia yang digunakan dalam pertanian seperti pupuk dan pestisida. Pada akhirnya, kimia ini turut berperan dalam meningkatkan hasil pertanian dan memenuhi ketersediaan makanan untuk manusia.

Studi kimia juga menghasilkan penemuan pengawet makanan. Dengan bantuan pengawet, produk makanan bisa bertahan lebih lama .

Peran Kimia dalam Bidang Kesehatan

Kimia di bidang kedokteran berperan dalam pembuatan obat-obatan. Selain itu, kimia juga bisa menghasilkan produk yang sangat berguna untuk kebersihan seperti disinfektan.

Baca Juga:  Mengapa Buaya Sering Mengangakan Mulutnya?

Peran Kimia dalam Bidang Energi

Kajian kimia juga menghasilkan penemuan energi alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil, contohnya biogas.

Peran Kimia di Rumah

Kimia membantu membersihkan tubuh, pakaian, dan benda. Kita menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi, sabun untuk membersihkan kulit, cairan pencuci untuk mencuci piring, dan detergen untuk membersihkan pakaian.

Kimia membantu dalam memasak. Saat memasak biasanya kita menggunakan bahan-bahan kimia seperti gula, garam, dan penyedap rasa.

Kimia juga membantu mengusir nyamuk dan serangga di rumah, contohnya dalam penggunaan obat nyamuk dan insektisida.

Pemaparan di atas adalah sedikit contoh peran kimia dalam kehidupan sehari-hari. Tentu peran kimia dalam kehidupan sehari-hari tidak sebatas itu. Masih banyak peran lain kimia yang tidak disebutkan di sini.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar