perbedaan antara westernisasi dan globalisasi
Pengetahuan Sosial dan Umum Sosiologi

Perbedaan antara Westernisasi dan Globalisasi


Istilah globalisasi sering dikaitkan dengan westernisasi. Globalisasi dan westernisasi memang saling berhubungan tetapi keduanya tidaklah sama. Lalu apa perbedaan antara westernisasi dan globalisasi?

Globalisasi

Globalisasi adalah proses masuk ke ruang lingkup dunia yang tanpa batas. Globalisasi berasal dari kata global yang berarti seluruh atau semua. Artinya globalisasi mencakup semua negara-negara yang ada di muka bumi secara universal. Semua negara tersebut membentuk suatu komunitas sosial dan ekonomi berskala internasional melewati batas-batas negara. Dunia yang luas ini menjadi sempit bagaikan sebuah kampung. Hal itu akibat berkembangnya teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi yang semakin canggih dan modern.

Westernisasi

Westernisasi berasal dari kata western yang berarti barat. Westernisasi adalah proses kebarat-baratan. Barat di sini maksudnya adalah Eropa dan Amerika. Masyarakat terpengaruh dan mengadopsi budaya barat di segala aspek seperti ekonomi, hiburan, pendidikan, gaya hidup, etika, politik, bahasa, nilai-nilai, dan cara berpakaian. Westernisasi menjadikan negara-negara barat sebagai pusat budaya yang dicontoh oleh orang-orang di seluruh dunia. Hal itu tidak terlepas dari globalisasi yang membuat budaya barat dengan mudah menyebar dan mewabah ke seluruh dunia.

Perbedaan antara Westernisasi dan Globalisasi

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara westernisasi dan globalisasi yaitu:

  • Globalisasi adalah proses yang menyebabkan westernisasi, sedangkan westernisasi adalah dampak yang ditimbulkan akibat globalisasi.
  • Globalisasi tidak harus westernisasi, tetapi westernisasi sudah pasti globalisasi. Artinya untuk masuk ke komunitas global yang disebut globalisasi tidak harus hidup ala barat, tetapi hidup ala barat sudah pasti globalisasi karena itu adalah dampak dari globalisasi.
  • Globalisasi berasal dari kata global yang berarti seluruh atau semua, sedangkan westernisasi berasal dari kata western yang berarti barat.
  • Globalisasi mencakup dunia secara keseluruhan sedangkan westernisasi hanya mencakup masyarakat yang terpengaruh oleh kehidupan ala barat. Artinya tidak semua orang di dunia ini mengadopsi budaya hidup barat.


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar