Perbedaan Ideologi Terbuka dan Tertutup, dan Apa itu Ideologi?

Setiap negara mempunyai ideologinya masing-masing. Ada negara yang berideologi komunis, liberal, dan lain-lain. Indonesia sendiri, apa ideologinya? Ideologi negara kita adalah Pancasila.

Dari berbagai macam ideologi yang ada, ideologi tersebut dapat diklasifikasikan menjadi ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Sebenarnya apa sih ideologi itu? Apa perbedaan antara ideologi terbuka dan ideologi tertutup?

Ideologi kalau kita pecah akar katanya, kata ini tersusun dari dua kata. Ideologi berasal dari bahasa bahasa prancis idéologie, dan itu merupakan gabungan dua kata dari bahasa Yunani, yakni ἰδέα (baca: idéa) yang berarti ide, gagasan atau konsep dan -λογῐ́ᾱ (baca: -logíā) yang berarti ilmu tentang sesuatu.

Kata -λογῐ́ᾱ (baca: -logíā) diawali tanda hubung karena itu bentuk terikat. Artinya kata tersebut harus dirangkai dengan kata lain sebelumnya. Misalnya, kita tentu akrab dengan kata-kata seperti biologi, neurologi, aksiologi, arkeologi, antropologi, termasuk ideologi. Kata-kata tersebut mengandung akhiran –logia yang berasal dari bahasa Yunani.

Setelah kata kedua kata tersebut (idéa dan –logíā) digabung, terbentuklah kata baru, yaitu ideologi. Jadi, ideologi berarti ilmu tentang ide. Hal ini sejalan dengan kata lain seperti biologi yang berarti ilmu tentang makhluk hidup, dan psikologi yang berarti ilmu tentang jiwa.

Secara bahasa, kita sudah tahu kalau ideologi memiliki arti ilmu tentang ide. Lalu apa maksudnya? Ide apa? Untuk mengetahuinya kita perlu mengetahui definisinya. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa definisi ideologi menurut KBBI:

Kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup

Cara berpikir seseorang atau suatu golongan

Paham, teori, dan tujuan yang merupakan satu program sosial politik

Berdasarkan definisi pertama tersebut, dapat kita tasirkan kalau ideologi adalah kumpulan konsep yang terorganisir. Kumpulan konsep tersebut dijadikan dasar pendapat ke arah suatu tujuan demi kelangsungan hidup.

Baca Juga:  Rumusan-rumusan Pancasila

Begini, negara berdiri tentu memiliki tujuan atau cita-cita bukan? Nah, untuk mencapai tujuan dan cita-cita tersebut dibuatlah ideologi yang merupakan seperangkat gagasan yang dijadikan dasar dalam bernegara. Ideologi ini bersifat menyeluruh dalam mengatur kehidupan bernegara.

Setelah mengetahui maksud apa itu ideologi, sekarang kita bahas apa itu ideologi terbuka dan ideologi tertutup dan perbedaannya.

Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

Sesuai namanya ideologi terbuka adalah ideologi yang bersifat terbuka. Terbuka dalam hal apa? Menurut Deputi Bidang Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. Sebagaimana dilansir lemhannas.go.id (9/3/2020), ideologi terbuka, yakni ideologi yang terbuka dalam menyerap nilai-nilai baru yang dapat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup bangsa.

Karena sifatnya yang terbuka. Ideologi terbuka bersifat dinamis dan fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman tanpa harus mengubah nilai dasarnya. Jadi orientasi dasarnya tetap sama tidak boleh diubah, tetapi penjabarannya bisa dimodifikasi untuk menjawab dinamika yang ada.

Ideologi terbuka nilai-nilainya digali dan diambil dari budaya dan moral masyarakat itu sendiri. Ideologi terbuka dibuat dari hasil kesepakatan masyarakat melalui musyawarah.

Setelah mengetahui apa itu ideologi terbuka, seharusnya kamu bisa menebak apa itu ideologi tertutup. Ideologi jenis ini kebalikan dari ideologi terbuka. Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat tertutup. Ideologi ini bersifat kaku dan anti dengan nilai-nilai lain. Ideologi tertutup bersifat absolute dan tidak perlu dipersoalkan lagi.

Berbeda dengan ideologi terbuka, nilai-nilai ideologi tertutup diambil dari pemikiran perseorangan atau luar bangsanya. Misalnya, ideologi tertutup diambil dari pemikiran salah satu tokoh di luar negeri, pemikiran itu lalu dijadikan ideologi dan harus dipatuhi semua lapisan masyarakat di dalam negeri.

Perbedaan Ideologi Terbuka dan Tertutup

Berdasarkan pemaparan di atas, perbedaan ideologi terbuka dan tertutup adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Bagaimana Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia?
Ideologi TerbukaIdeologi Tertutup
bersifat terbukabersifat tertutup
fleksibelkaku
diambil dari budaya dan moral masarakat sendiridiambil dari pemikiran peseorangan atau luar bangsanya
inklusifeksklusif
Perbedaan Ideologi Terbuka dan Tertutup
Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar