Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang berfokus pada tampilan visual. Unsur-unsur seperti titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan kecerahan digunakan dalam menciptakan keindahan dalam seni rupa.

Secara fungsional, seni rupa dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Apa bedanya?

Seni rupa murni adalah seni rupa yang sepenuhnya ditujukan untuk aspek estetika. Dalam seni rupa murni, karya-karya tersebut dihasilkan sebagai ekspresi jiwa dan perasaan pembuatnya. Seni rupa murni hadir untuk memenuhi kebutuhan psikis para pengagumnya dengan memberikan nilai estetika yang dapat dinikmati.

Contoh seni rupa murni meliputi lukisan dan patung. Lukisan diciptakan semata-mata untuk menciptakan keindahan. Pernahkah kamu berpikir tentang fungsi sebenarnya dari sebuah lukisan? Apakah lukisan dapat digunakan? Lukisan hadir untuk dinikmati keindahannya, mungkin sebagai pajangan, namun esensinya adalah keindahan yang dihadirkannya.

Di sisi lain, seni rupa terapan lebih menekankan pada fungsi penggunaan daripada sekadar keindahan. Meskipun seni rupa terapan juga memiliki unsur-unsur estetika yang dapat dinikmati, aspek penggunaan menjadi yang utama. Seni rupa terapan diciptakan untuk digunakan, tidak hanya untuk nilai estetika semata.

Contoh seni rupa terapan mencakup baju batik, permadani, dan lemari. Barang-barang tersebut dirancang dengan keindahan, dengan motif pada baju batik dan permadani, serta ukiran pada lemari. Selain memiliki nilai estetika, barang-barang tersebut dibuat untuk dipakai atau digunakan. Baju batik digunakan sebagai pakaian, permadani sebagai alas lantai, dan lemari sebagai tempat penyimpanan.

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Berdasarkan pemaparan di atas, perbedaan seni rupa murni dan terapan adalah seni rupa murni lebih mengutamakan keindahannya, sedangkan seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi pakai di samping fungsi keindahannya.

Baca Juga:  Apa yang Dimaksud dengan Seni Lukis?
Subscribe
Notifikasi

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar