Perkembangbiakan Secara Vegetatif Alami pada Tumbuhan

Admin
Read Time1 Minute, 49 Seconds

Perkembangbiakan pada tumbuhan bisa berlangsung secara vegetatif atau generatif. Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan secara aseksual atau tanpa penyerbukan. Perkembangbiakan vegetatif bisa berlangsung secara alami atau buatan.

Perkembangbiakan secara vegetatif alami adalah perkembangbiakan vegetatif yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Berikut ini adalah beberapa cara tumbuhan berkembang biak secara vegetatif alami.

Umbi Batang

umbi batang
sumber gambar: pixabay.com

Umbi batang adalah umbi yang terbentuk dari batang atau struktur modifikasi batang. Umbi batang bisa menghasilkan akar dan tunas. Dengan begitu tanaman tersebut bisa memperbanyak diri atau berkembang biak melalui tunas yang ada pada umbi batang tersebut. Contoh tanaman yang berkembangbiak melalui umbi batang adalah kentang.

Umbi Akar

umbi akar
sumber gambar: pixabay.com

Umbi akar adalah umbi yang terbentuk dari akar. Apabila pada umbi akar terdapat titik tunas, tanaman tersebut dapat menghasilkan tanaman baru. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan cara ini adalah wortel dan singkong.

Umbi Lapis

umbi lapis
umbi lapis

Umbi Lapis adalah umbi yang terbentuk dari tumpukan pangkal daun melingkar, rapat dan berhimpitan. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah bawang merah.

Rimpang atau Rizoma

rizoma
sumber gambar: pixabay.com

Rimpang atau Rizoma adalah modifikasi batang yang tumbuh menjalar di dalam tanah. Rimpang atau rizoma bisa menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan rizoma adalah jahe, temu lawak, kunyit, dan laos.

Geragih

geragih
sumber gambar: wikimedia common

Geragih adalah modifikasi batang yang tumbuh menyamping dan di ruas-ruasnya tumbuh tanaman baru. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan geragih adalah stroberi dan rumput teki.

Tunas

tunas
sumber gambar: pixabay.com

Tunas adalah tumbuhan muda yang muncul dari bagian tumbuhan induknya. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah pisang dan bambu.

Tunas Adventif

tunas adventif cocor bebek
sumber gambar: wikimedia common

Tunas adventif sama halnya tunas, perbedaannya terletak pada tempat tumbuhnya. Tunas biasanya tumbuh pada batang, pangkal batang, atau ketiak daun tetapi tunas adventif tumbuh pada tempat yang tidak biasa seperti pada daun dan akar. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adventif adalah cocor bebek.

Spora

spora
sumber gambar: pixabay.com

Spora adalah alat perbanyakan yang terdiri dari satu sel atau beberapa sel berukuran kecil dan halus serta mudah tersebar oleh angin, air, binatang, dan lain sebagainya. Tanaman yang berkembang biak dengan spora berupa lumut dan paku-pakuan.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perkembangbiakan Secara Vegetatif Buatan pada Tumbuhan

Untuk melestarikan jenisnya tumbuhan melakukan reproduksi atau berkembang biak. Perkembangbiakan tersebut bisa dilakukan dengan cara vegetatif atau generatif. Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang dilakukan tanpa penyerbukan atau pembuahan. Perkembangbiakan secara vegetatif pada tumbuhan bisa dilakukan dengan cara alami atau buatan. Perkembangbiakan secara vegetatif alami dilakukan secara alami oleh tumbuhan […]
mencangkok