Perkembangbiakan Secara Vegetatif Buatan pada Tumbuhan

Admin
Read Time1 Minute, 55 Seconds

Untuk melestarikan jenisnya tumbuhan melakukan reproduksi atau berkembang biak. Perkembangbiakan tersebut bisa dilakukan dengan cara vegetatif atau generatif. Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang dilakukan tanpa penyerbukan atau pembuahan.

Perkembangbiakan secara vegetatif pada tumbuhan bisa dilakukan dengan cara alami atau buatan. Perkembangbiakan secara vegetatif alami dilakukan secara alami oleh tumbuhan itu sendiri sedangkan pertumbuhan secara vegetatif buatan dibuat oleh manusia untuk memperbanyak tanaman.

Berikut adalah beberapa cara perkembangbiakan vegetatif buatan atau teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif:

Cangkok

Cangkok atau pencangkokan adalah menumbuhkan akar pada cabang atau dahan pohon induk, setelah akarnya tumbuh lebat maka dahan atau cabang tersebut dipisahkan dari tanaman induknya dan diletakkan ke media tanam yang baru. Cara menumbuhkan akar dilakukan dengan mengupas kulit dahan yang akan dicangkok lalu dibungkus dengan tanah yang subur lalu ditutup dengan plastik atau kulit kelapa, setelah itu bagian tersebut disiram setiap hari untuk menjaga kelembaban dan kadar air hingga akarnya tumbuh.

Runduk

Sama halnya cangkok, runduk atau perundukan adalah menumbuhkan akar pada cabang tanaman. Namun perundukan dilakukan dengan cara membengkokan cabang tanaman lalu memendamnya dalam tanah. Tanaman yang biasa dirunduk adalah tanaman yang memiliki cabang yang lentur dan tidak mdah patah seperti melati dan alamanda. Meskipun runduk disebut sebagai perkembangbiakan secara vegetatif buatan, tetapi runduk juga bisa terjadi secara alami.

Setek

Setek merupakan cara perbanyakan tanaman dengan memotong bagian tanaman lalu menanamnya ke media tanam. Berbeda dengan cangkok dan runduk, setek dilakukan tanpa menunggu tumbuhnya akar saat masih berada di tanaman induk. Bagian tanaman yang bisa disetek adalah batang atau daun tergantung jenis tanamannya. Contoh tanaman yang dikembangbiakan dengan setek batang adalah singkong dan mawar sedangkan tanaman yang dikembangbiakan dengan setek daun adalah cocor bebek dan begonia.

Menyambung atau Mengenten

Menyambung atau mengenten adalah menyambung dua batang tanaman yang sejenis tetapi memiliki perbedaan kualitas. Misalnya menggabungkan batang tanaman yang kokoh tetapi berbuah masam dan jarang dengan tanaman yang mudah roboh tetapi berbuah manis dan lebat, dengan begitu akan dihasilkan tanaman yang berakar kokoh dan berbuah lebat dan manis. Sebenarnya menyambung atau mengenten bukanlah teknik memperbanyak tanaman karena tidak menghasilkan tanaman baru akan tetapi menyambung akan menghasilkan tanaman yang unggul hasil gabungan dua tanaman yang disambung.

Okulasi atau Menempel

Sama halnya dengan menyambung okulasi juga merupakan penggabungan dua bagian tanaman untuk meningkatkan kualitas tanaman. Namun okulasi dilakukan dengan cara menempekan kulit yang mempunyai tunas ke batang atas tanaman lain.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah, Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Kasus bullying di lingkungan sekolah sudah sering terjadi dan membuat korbannya takut, terkucilkan dan menjauhkan diri dari sekolah. Sebenarnya apa itu bullying? Apa penyebabnya? Apakah orang tua terlibat atas kasus bullying yang menimpa anaknya? Daftar Isi Pengertian BullyingPenyebab BullyingTanda-tanda Anak Menjadi Korban Bullying Cara Mengatasi Bullying Peran Orang Tua: Peran […]
bullying