Prospek Kerja Akuntansi Syariah

EDUTORIAL.ID
prospek kerja akuntansi syariah
sumber gambar: pixabay.com

Sebenarnya jurusan akuntansi memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Hampir setiap perusahaan dan instansi baik pemerintah maupun swasta membutuhkan akuntan untuk mengelola data transaksi keuangan. Lalu bagaimana dengan jurusan akuntansi syariah? Apakah jurusan ini juga memiliki prospek yang menjanjikan? Mari kita bahas bersama-sama!

Jurusan akuntansi syariah memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan. Hal ini tidak terlepas dari adanya bank serta lembaga keuangan berbasis syariah yang bermunculan dewasa ini. Tenaga ahli di bidang akuntansi syariah sangat dibutuhkan dalam jumlah banyak seiring dengan bertambahnya jumlah bank dan lembaga keuangan berbasis syariah yang berdiri.

Dibandingkan dengan lulusan akuntansi, lulusan akuntansi syariah lebih berpeluang besar bekerja di bank dan lembaga keuangan berbasis Syariah tersebut. Alasannya sederhana, lulusan akuntansi syariah sudah dibekali dengan ilmu-ilmu tentang akuntansi syariah. sebaliknya lulusan akuntansi biasa mereka tidak dibekali dengan ilmu-ilmu tentang akuntansi syariah. Lulusan akuntansi biasa perlu belajar lagi jika ingin bekerja bank dan lembaga keuangan berbasis syariah.

Bukan tidak mungkin juga jika lulusan akuntansi syariah bekerja di bank konvensional atau lembaga dan perusahaan sebagai seorang akuntan. Meskipun peluang lulusan akuntansi lebih besar daripada akuntansi syariah dalam kasus ini. lagipula lulusan akuntansi syariah juga sudah di bekali ilmu-ilmu tentang akuntansi dasar.

Dengan demikian, prospek kerja akuntansi syariah sangatlah luas. Lulusan akuntansi syariah bisa bekerja di mana saja sebagai seorang akuntan. Bisa di bank, perusahaan, organisasi, lembaga, badan, instansi, dan lain sebagainya baik pemerintah ataupun swasta. Hanya saja jurusan akuntansi syariah lebih berpeluang bekerja di instansi yang pengelolaan keuangannya berlandaskan Islam. Contohnya seperti biasanya Baznas, Lazisnu, Kemenag, bank syariah, dll. Jika suatu saat akan banyak bermunculan perusahaan swasta yang mengelola keuangannya berlandaskan Islam maka itu akan membuka peluang yang lebih besar kepada para lulusan akuntansi syariah.

Selain sebagai seorang akuntan, lulusan akuntansi syariah bisa bekerja sebagai akademisi yakni sebagai dosen atau peneliti. Peluang sebagai dosen sangat terbuka lebar untuk saat ini. Alasannya karena banyak universitas atau perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi Islam yang membuka jurusan akuntansi syariah. Dengan begitu tenaga ahli di bidang akuntansi syariah sangat dibutuhkan dalam jumlah banyak. Jurusan akuntansi syariah di perguruan tinggi dapat dibilang masih baru, artinya peluang kerja sebagai dosen bagi lulusan akuntansi syariah sangat terbuka lebar. Namun untuk menjadi dosen, tidak cukup menggunakan ijazah S1, jurusan akuntansi syariah perlu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi terlebih dahulu.

Selain sebagai akuntan dan akademisi, lulusan akuntansi syariah juga bisa bekerja sebagai analis keuangan, auditor, dan dewan pengawas syariah.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Prospek Kerja Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

Apa yang terbersit di benak anda ketika mendengar pendidikan luar sekolah? Mungkin anda akan berpikir tentang pendidikan yang ada di luar sekolah yang berupa pendidikan pendidikan non formal dan informal. Ya, itu benar, pendidikan tidak hanya ada di sekolah saja karena pendidikan itu sebenarnya sangat luas tidak terbatas pada pendidikan […]
prospek kerja pendidikan luar sekolah