Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Admin
Meskipun jurusan Psikologi tidak setenar jurusan Kedokteran, jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya. Jurusan Psikologi juga memiliki prospek yang cerah karena mempelajari tentang jiwa manusia yang tentunya disiplin ilmu ini sangat berhubungan erat dengan kehidupan manusia dalam kesehariannya.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Sebenarnya jiwa manusia bersifat abstrak tidak bisa dipelajari secara langsung, tetapi psikologi mempelajari jiwa melalui manifestasi dari keberadaan jiwa tersebut yang dapat diamati oleh alat indra seperi perilaku manusia misalnya.

Jurusan psikologi memiliki prospek kerja yang menjanjikan terutama yang mengambil konsentrasi yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa peluang kerja bagi Sarjana Psikologi.

1. Psikolog

Lulusan jurusan Psikologi bisa menjadi seorang psikolog tetapi perlu menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu dan mengambil konsentrasi Psikologi Klinis. Seorang psikolog bisa bekerja di rumah sakit ataupun membuka praktek sendiri. Psikolog merupakan tim ahli. Biasanya jika terdapat masalah pada seseorang yang tidak bisa ditangani oleh konselor, maka orang tersebut bisa dilarikan ke psikolog.

2. Dosen

Lulusan jurusan Psikologi juga bisa menjadi seorang dosen tetapi perlu menempuh pendidikan magister terlebih dahulu. Lulusan S2 Psikologi bisa menjadi dosen di berbagai jurusan yang terdapat pada kuliah tentang psikologi seperti pengantar psikologi, psikologi pendidikan, psikologi perkembangan, atau yang lainnya. Jadi terus pekerjaannya pun luas karena hampir semua jurusan terdapat mata kuliah pengantar psikologi. terlebih lagi jurusan-jurusan yang berhubungan dengan psikologi seperti Bimbingan Konseling, Pendidikan Anak Usia Dini, dan lain sebagainya.

3. HRD (Human Development Resource)

Ini adalah posisi yang cocok untuk lulusan Psikologi dengan tanpa menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu. Posisi HRD hampir ada di setiap perusahaan menengah dan besar. Sehingga lapangan pekerjaan bagi lulusan psikologi pun luas.

4. Peneliti

Disiplin ilmu psikologi tidak terlepas dari yang namanya penelitian. Perilaku dan kepribadian serta kesehatan jiwa manusia selalu menarik untuk diteliti. Seorang sarjana psikologi bisa menjadi peneliti di LIPI, Badan Pusat Statistik, atau lembaga-lembaga yang lain.

5. Psikoterapis

Lulusan Psikologi bisa menjadi psikoterapis dan melakukan terapi pada pasien yang mengalami masalah-masalah seperti trauma, gangguan obsesif-kompulsif, fobia, dan gangguan mental lainnya. Psikoterapis tidak sama dengan psikolog.

Itu adalah beberapa peluang kerja bagi lulusan Psikologi. Tentu saja, peluang kerja bagi lulusan Psikologi itu lebih luas bukan hanya lima pekerjaan yang disebutkan di atas. Demikianlah artikel tentang prospek kerja jurusan Psikologi.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja

Setelah lulus SMA, banyak orang yang memilih melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Saat hendak mendaftar di perguruan tinggi, ada jurusan yang bisa dipilih. Beberapa jurusan mempunyai peminat yang sangat banyak dan sebagian lagi sepi peminat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa jurusan tertentu memiliki peminat yang lebih tinggi daripada jurusan […]