Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Kuliah di jurusan sastra Arab, apa saja peluang kerjanya?

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari. Salah satu faktor penyebabnya adalah bahasa ini merupakan bagian dari agama Islam sehingga banyak dipelajari oleh mereka yang beragama Islam.

Selain itu, bahasa Arab merupakan satu di antara enam bahasa resmi PBB dan merupakan bahasa internasional. Bisa dikatakan, bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang paling penting di dunia.

Bahasa Arab di Indonesia banyak dipelajari di madrasah, pesantren, lembaga pendidikan Islam, sekolah umum, hingga perguruan tinggi. Salah satu jurusan perguruan tinggi yang mempelajari bahasa Arab adalah jurusan sastra Arab.

Dalam jurusan sastra Arab, mahasiswa akan mempelajari bahasa Arab secara mendalam baik itu dari segi linguistik, keterampilan berbahasa, sastra, maupun budaya Arab. Dan para lulusannya akan mendapatkan gelar sarjana humaniora (S. Hum. atau sarjana sastra (S. S).

Prospek kerja jurusan sastra Arab cukup cerah. Berikut adalah beberapa peluang kerja jurusan sastra Arab:

Penerjemah

Penerjemah adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan. Karena bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari dan digunakan di dunia, prospek menjadi penerjemah bahasa Arab pun semakin terbuka lebar.

Penerjemahan bahasa Arab tersebut bisa meliputi: menerjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Arab, atau menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa lainnya dan sebaliknya. Menjadi penerjemah bisa berupa menerjemahkan secara lisan maupun secara tulisan.

Baca Juga:  Prospek Kerja Pendidikan Luar Sekolah (PLS)

Pada lowongan CPNS Kemenag 2019, ada formasi penerjemah yang membutuhkan orang dengan kualifikasi lulusan S1 sastra Arab.

Diplomat

Negara Indonesia banyak menjalin hubungan dengan negara-negara lain termasuk negara-negara Arab. Oleh karena itu, banyak KBRI yang ada di negara-negara Arab dan negara-negara lainnya.

Pada penerimaan CPNS 2021 Kementerian luar negeri, terdapat formasi sebagai diplomat yang membutuhkan orang dengan kualifikasi S1 sastra Arab. Itu artinya lulusan sastra Arab berpeluang menjadi diplomat di Kementerian luar negeri.

Peneliti dan pengkaji bahasa

Ada banyak hal yang bisa diteliti dari bahasa Arab baik itu dari segi sejarah, linguistik, pendidikan, atau budayanya. Ini tentunya menjadi pilihan yang bagus bagi kamu yang suka melakukan riset.

Pada penerimaan CPNS 2019 di Kementerian agama, salah satu formasi yang dibutuhkan adalah menjadi peneliti dengan kualifikasi pendidikan S1 sastra Arab. Selain di Kemenag, lulusan S1 sastra Arab juga dibutuhkan di kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan formasi jabatan sebagai Pengkaji Bahasa pada CPNS 2019 lalu.

Penulis

Dari namanya, “sastra Arab”, bisa kita tangkap kalau jurusan ini mempelajari tentang sastra. Sastra sendiri merupakan karya yang berupa tulisan seperti syair, kisah, dan lain sebagainya. Jika kamu menguasai betul sastra Arab, bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi sastrawan Arab atau penulis tulisan berbahasa Arab.

Bekerja di Badan Intelijen Negara

Lulusan S1 sastra Arab bisa bekerja di BIN lho. Pada penerimaan CPNS 2021, Badan Intelijen negara membuka beberapa formasi yang bisa didaftarkan lulusan S1 sastra Arab. Formasi-formasi tersebut yakni sebagai Analis Bahan Keterangan, Analis Data Intelijen, dan Analis Intelijen.

Pemeriksa di BPK

Pada penerimaan CPNS 2021, Badan Pemeriksa Keuangan membuka formasi sebagai Ahli Pertama Pemeriksa yang bisa diisi oleh lulusan S1 Sastra Arab. Bisa jadi karena BPK membutuhkan pemeriksa untuk memeriksa dokumen-dokumen dan data-data berbahasa Arab.

Baca Juga:  Prospek Kerja Teknik Metalurgi

Analis Kata dan Istilah

Kata serapan bahasa Indonesia yang asalnya dari bahasa Arab sangatlah banyak. Istilah-istilah dari bahasa Arab yang digunakan dalam bahasa Indonesia juga banyak. Dan karena bahasa itu senantiasa berkembang, istilah-istlah baru seringkali bermunculan.

Pada Penerimaan CPNS 2021, Kemendikbudristek membuka formasi sebagai Analis Kata dan istilah yang bisa diisi oleh lulusan S1 Sastra Arab. Ini menjadi peluang yang bagus bagi para lulusan S1 Sastra Arab.

Pengawas Bahasa atau Sastra

Pada penerimaan CPNS 2021, selain membuka formasi Pengkaji Bahasa dan Sastra dan Analis Kata dan Istilah, Kemendikbudristek juga membuka formasi Pengawas Bahasa atau Sastra yang bisa diisi oleh lulusan S1 Sastra Arab.

Penyusun Modul Pembelajaran Bahasa dan Sastra

Ada banyak fomasi CPNS yang bisa diisi oleh lulusan S1 Sastra Arab, salah satunya formasi Penyusun Modul Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Kemendikbudristek.

Penyusun Program Pembinaan Tenaga Kebahasaan dan Kesastraan

Penyusun Program Pembinaan Tenaga Kebahasaan dan Kesastraan juga merupakan salah satu formasi CPNS Kemendikbudristek yang bisa diisi oleh lulusan S1 Sastra Arab.

Analis Bahasa dan Sastra

Pada Penerimaan CPNS 2021, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil membuka formasi sebagai Analis Bahasa dan Sastra yang ditempatkan di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan. Formasi ini bisa diisi oleh lulusan S1 Sastra Arab. Ini menjadi peluang yang bagus bagi para lulusan S1 Sastra Arab.

Guru

Sebenarnya, ada jurusan lain yang lebih difokuskan untuk mencetak lulusan menjadi guru bahasa Arab. Jurusan tersebut adalah jurusan pendidikan bahasa Arab. Namun pada kenyataannya, jurusan sastra Arab pun bisa menjadi guru meskipun selama kuliah tidak banyak mempelajari ilmu-ilmu keguruan seperti pedagogik dan ilmu-ilmu lainnya.

Baca Juga:  Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja

Untuk menjadi guru, sebaiknya lulusan sastra Arab menempuh PPG terlebih dahulu. Dengan begitu, lulusan sastra Arab mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadi guru bahasa Arab.

Demikianlah beberapa prospek kerja sastra Arab. Profesi-profesi di atas kebanyakan mengambil dari formasi CPNS 2021, kita tidak tahu apakah pada penerimaan CPNS pada masa yang akan datang, masih sama atau tidak. Setidaknya pemaparan di atas bisa menjadi gambaran tentang profesi atau jabatan yang membutuhkan lulusan S1 Sastra Arab. Ini bukan berarti tulisan ini mengharuskan lulusan S1 Sastra Arab menjadi CPNS, tetapi tulisan ini hanya mencoba memberikan gambaran riil tentang kebutuhan tenaga S1 Sastra Arab di dunia kerja. Tentu tidak menutup kemungkinan, lulusan sastra Arab berprofesi di bidang lain selain yang telah disebutkan di atas.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar