Prospek Kerja Teknik Lingkungan

EDUTORIAL.ID
prospek kerja teknik lingkungan
sumber gambar: pixabay.com

Jurusan teknik lingkungan memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan di masa depan. Hal ini disebabkan karena kehidupan di masa sekarang dan masa depan penuh dengan kehidupan teknologi yang berdampak pada lingkungan. Selain itu permasalahan jumlah penduduk yang semakin bertambah dan limbah yang dihasilkan dari kegiatan mereka juga sangat berdampak pada lingkungan. Karena itulah lulusan teknik lingkungan sangat dibutuhkan untuk mengelola dan mengatasi segala permasalahan lingkungan.

Lihatlah peristiwa-peristiwa dan permasalahan-permasalahan yang terjadi akibat rusaknya lingkungan seperti pencemaran sungai, banjir, wabah ulat bulu, kekeringan, dan lain sebagainya. Tentu peristiwa tersebut harus kita kita dan kita tangani dengan cara yang tepat. Dan lulusan teknik lingkungan adalah orang yang ahli di bidang tersebut.

Lulusan teknik lingkungan bisa bekerja di instansi pemerintah, organisasi internasional, perusahaan swasta, atau bekerja secara mandiri. Berikut adalah beberapa prospek kerja teknik lingkungan.

Bekerja di Instansi Pemerintah

Beberapa instansi pemerintah yang membutuhkan lulusan teknik lingkungan seperti: kementerian lingkungan hidup, kementerian industri, kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, kementerian energi dan sumber daya mineral, badan pengelola lingkungan hidup, perusahaan daerah air minum, dan lain-lain.

Instansi pemerintah, lulusan teknik lingkungan bisa bekerja sebagai tim ahli lingkungan. Untuk bekerja di instansi pemerintah, caranya bisa dengan mengikuti tes CPNS.

Bekerja di LSM atau Organisasi Non Pemerintah

Ada banyak organisasi yang berhubungan dengan lingkungan. Biasanya organisasi tersebut adalah organisasi internasional. Lulusan teknik lingkungan bisa bekerja di WWF, Greenpeace, WALHI, dan lain sebagainya.

Bekerja di Bidang Industri

Meskipun bukan lulusan teknik industri, lulusan teknik lingkungan bisa bekerja di bidang industri. Hal ini karena setiap industri biasanya menghasilkan limbah yang akan berdampak pada lingkungan.

Industri yang baik adalah industri yang ramah lingkungan. Untuk itulah lulusan teknik lingkungan dibutuhkan untuk bekerja sebagai manajer atau teknisi lingkungan.

Konsultan

Lulusan teknik lingkungan juga bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan. Profesi ini sangat dibutuhkan karena kehidupan sekarang ini sangat rawan dengan masalah-masalah lingkungan. Untuk menjadi konsultan, lulusan teknik lingkungan bisa bekerja di perusahaan konsultan.

Wiraswasta

Selain bekerja bisa bekerja di instansi pemerintah, organisasi non pemerintah, dan perusahaan swasta, para lulusan teknik lingkungan juga bisa bekerja secara mandiri sebagai wiraswasta.

Para lulusan teknik lingkungan bisa memanfaatkan kreativitas mereka untuk mengatasi permasalahan lingkungan sekaligus menghasilkan uang. Contohnya seperti mendaur ulang sampah, bisnis alat penyaring air, bisnis wisata alam, dan lain sebagainya.

Ahli Ekologi

Lulusan teknik lingkungan juga bisa bekerja sebagai ahli ekologi. Ahli ekologi sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menjaga agar ekosistem tetap stabil.

Contoh permasalahan ekosistem yaitu mewabahnya ular kobra yang telurnya banyak menetas di musim hujan. Masalah ini terjadi di akhir tahun 2019. Bisa jadi peristiwa tersebut karena ekosistem yang telah rusak. anak ular kobra yang baru menetas muncul di mana-mana karena para predator telur ular kobra jumlahnya semakin sedikit. Orang yang ahli ekologi tentunya dibutuhkan untuk meneliti dan mengatasi permasalahan seperti ini.

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja teknik lingkungan. Dengan sebegitu banyaknya peluang kerja bagi para lulusan teknik lingkungan, kamu tak perlu ragu untuk mengambil jurusan ini, apalagi jika kamu adalah seorang pecinta lingkungan.

Referensi:

https://usm.itb.ac.id/Prodi/153.htm


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Next Post

Klasifikasi Tulang Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran dibagi menjadi lima jenis yaitu: tulang panjang, tulang pendek, tulang pipih, tulang sesamoid, dan tulang tidak beraturan. Berikut adalah pemaparan kelima jenis tulang tersebut. Daftar Isi 1 Tulang Panjang 2 Tulang Pendek 3 Tulang Pipih 4 Tulang Sesamoid 5 Tulang Tidak Beraturan Tulang Panjang […]
klasifikasi tulang berdasarkan bentuk dan ukuran