Prospek Kerja Teknik Sipil

Di tengah-tengah pembangunan yang sedang gencar dilaksanakan, prospek kerja teknik sipil sangatlah menjanjikan. Negara kita adalah negara berkembang yang sedang rajin melakukan pembangunan demi kemajuan negara. Pembangunan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Para ahli teknik sipil sangat dibutuhkan dalam membangun infrastruktur fasilitas publik seperti jalan raya, jembatan, jalan tol, trotoar jalan, taman, dan lain sebagainya. Teknik sipil tidak hanya mempelajari bagaimana cara merancang, membangun, serta merenovasi infrastruktur, tetapi juga meliputi tentang lingkungan demi kemaslahatan manusia.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan jurusan teknik sipil mempunyai peluang kerja yang menjanjikan. Lalu para lulusan teknik sipil bisa bekerja sebagai apa? Berikut  adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk para lulusan dari jurusan teknik sipil.

1. Kontraktor Bangunan

kontraktor
sumber gambar: pixabay

Menjadi kontraktor bangunan berarti menjadi orang/badan yang dikontrak atau disewa untuk menjalankan proyek pembangunan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk lulusan teknik sipil karena mereka sudah dibekali ilmu tentang pembangunan infrastruktur seperti manajemen proyek, teknologi bahan bangunan, dan lain sebagainya.

2. Konsultan Proyek

konsultan
sumber gambar: pixabay.com

Dalam membangun sebuah proyek harus mempertimbangkan banyak hal seperti keselamatan kerja, dampaknya terhadap lingkungan, efisiensi kerja, dan lain sebagainya. Untuk itu perlu dikonsultasikan kepada orang yang ahli yakni seorang konsultan. Jika Anda lulusan teknik sipil dan pandai menganalisis, Anda bisa menjadi seorang konsultan proyek. Dengan menjadi konsultan proyek, lulusan teknik sipil bisa memberikan pertimbangan serta rekomendasi mengenai proyek yang sedang atau akan dijalankan. Menjadi konsultan tidak harus ikut turun ke lapangan kecuali memang diperlukan untuk peninjauan, karena seorang konsultan tidak ikut menjalankan proyek melainkan hanya meninjau dan mempertimbangkan berbagai hal untuk proyek tersebut berdasarkan ilmu yang ia miliki.

3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

kementerian pekerjaan umum
sumber gambar: setkab.go.id

Lulusan teknik sipil juga bisa menjadi PNS dan tentunya di instansi yang terkait dengan bidangnya. Instansi pemerintah seperti kementerian pekerjaan umum sangat membutuhkan ahli teknik sipil karena memang tugasnya mengurus pembangunan infrastruktur dan fasilitas negara. Tidak hanya kementerian pekerjaan umum, lulusan teknik sipil bisa menjadi PNS di instansi pemerintah lainnya yang berhubungan dengan pembangunan seperti Badan Perencanaan Daerah, Badan Perencanaan Nasional, Dinas Tata Kota, PMU-Bina Marga, dan yang lainnya.

4. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

bumn
sumber gambar: bumn.go.id

Selain bisa bekerja di instansi pemerintahan, lulusan teknik sipil juga bisa bekerja di BUMN yang berhubungan dengan pembangunan seperti Hutama Karya, Waskita Karya, dan Cipta Karya.

5. Dosen

dosen
sumber gambar: pixabay.com

Saat berkuliah di jurusan teknik sipil, tentunya di sana diajarkan oleh para dosen yang ahli di bidangnya. Lulusan teknik sipil pun bisa menjadi dosen dan mengajar para mahasiswa di jurusan teknik sipil. Untuk menjadi dosen, perlu melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi terlebih dahulu. Ini adalah peluang yang bagus karena di Indonesia masih belum banyak orang ahli di bidang teknik sipil.

6. Insinyur Sipil

surveyor
sumber gambar: pixabay.com

Insinyur sipil berarti orang yang pekerjaannya merencanakan, merancang, dan mengawasi bangunan, memelihara struktur bangunan dan juga fasilitas publik seperti jalan, jembatan, dan lain sebagainya. Tugas-tugas insinyur sipil yaitu seperti menginspeksi lokasi proyek, menguji tanah, memberikan rekomendasi teknis, serta mengelola dan mengarahkan pembangunan.

Demikianlah beberapa prospek kerja teknik sipil yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kamu yang ingin menempuh studi di jurusan teknik sipil.

Referensi: 1 | 2

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *