Samudra di Dunia Ada 5, Apa Saja?

Ada lima samudra di dunia yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Selatan, dan Samudra Arktik. Samudra adalah laut yang sangat luas. Samudra berbeda dengan laut. Laut biasanya dikelilingi oleh beberapa pulau sedangkan samudra membentang sangat luas yang dibatasi oleh benua atau kepulauan yang besar. Dalam bahasa Indonesia samudra juga bisa disebut dengan istilah lautan atau osean.

Samudra di Dunia
Samudra PasifikSamudra Pasifik atau Lautan Teduh adalah samudra terbesar di dunia, luasnya meliputi kira-kira sepertiga permukaan Bumi. Samudra Pasifik memiliki luas sebesar 179,7 juta km² (69,4 juta mi²). Perbatasan ini di sisi barat biasanya diletakkan di Selat Malaka. Di samudra pasifik terdapat—Palung Mariana—yang merupakan titik terendah permukaan bumi. Samudra pasifik terletak di antara benua Asia dan benua Australia di sebelah barat, benua Amerika di sebelah timur, samudra Antartika di sebelah selatan dan Samudra Arktik di sebelah utara.
Samudra AtlantikSamudra Atlantik merupakan samudra terbesar kedua di dunia. Luasnya meliputi 1/5 permukaan bumi. Samudra ini berbentuk huruf S, memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan. Samudra Atlantik terbagi dua oleh garis khatulistiwa menjadi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan. Samudra atlantik dibatasi oleh Amerika Utara dan Amerika Selatan di bagian barat samudera dan Eropa dan Afrika di bagian timur samudra.
Samudra HindiaSamudra Hindia adalah samudra terbesar ketiga di dunia. Luasnya mencakup sekitar 20% permukaan air Bumi. Samudra Hindia dibatasi oleh selatan Asia di utara; Jazirah Arabia dan Afrika di barat; Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Australia di timur; dan Antarktika di selatan.
Samudra Antartika/Samudra SelatanSamudra Selatan adalah samudra yang mengelilingi benua Antarktika. Samudra selatan merupakan samudra terbesar keempat dan telah disepakati untuk disebut sebagai samudra tersendiri oleh Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) pada 2000. Sebelum itu, pandangan umum adalah Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik langsung berbatasan dengan bibir pantai Antarktika.
Samudra ArktikSamudra Arktik adalah samudra yang terletak di belahan utara bumi dan kebanyakan berada di wilayah Arktik Kutub Utara. Samudra Arktik adalah samudra terkecil dan terdangkal di dunia. Meskipun Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) menganggapnya sebagai samudra, para ahli samudra menyebutnya Laut Mediteranian Arktik atau Laut Arktik, mengklasifikasikannya sebagai satu dari Laut Mediteranian yang tergabung dalam Samudra Atlantik.
samudra di dunia: Samudra Pasifik
Samudra Pasifik
samudra di dunia: Samudra Atlantik
Samudra Atlantik
samudra di dunia: Samudra Hindia
Samudra Hindia
samudra di dunia: Samudra Selatan
Samudra Selatan
samudra di dunia: Samudra Arktik
Samudra Arktik
Link Sumber: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar