sel tumbuhan lebih kuat dan lebih kaku dibanding sel hewan karena sel tumbuhan memiliki

Sel Tumbuhan Lebih Kuat dan Lebih Kaku Dibanding Sel Hewan Karena Sel Tumbuhan Memiliki Dinding Sel

Salah satu yang membedakan sel hewan dan sel tumbuhan adalah ada tidaknya dinding sel. Sel tumbuhan lebih kuat dan lebih kaku dibanding sel hewan karena sel tumbuhan memiliki dinding sel.

Dinding sel menyebabkan sel tidak bisa bergerak dan berkembang bebas. Akan tetapi, hal ini justru berakibat positif karena dinding sel bisa memberikan dukungan, perlindungan dan penyaring bagi struktur dan fungsi sel sendiri. Dinding sel mencegah kelebihan air yang masuk ke dalam sel.

Pada tumbuhan, dinding sel sebagian besar terbentuk oleh polimer karbohidrat (pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin sebagai penyusun penting).

Dinding sel berfungsi untuk memberi bentuk sel tumbuhan, melindungi bagian dalam sel dari pengaruh lingkungan dan menjaga sel tumbuhan agar tidak pecah akibat masuknya air secara berlebihan.

Sebenarnya dinding sel tidak hanya terdapat dalam sel tumbuhan saja, tetapi dinding sel juga bisa ditemukan pada sel jamur, bakteri, dan alga. Akan tetapi dinding sel yang terdapat pada berbagai sel organisme tersebut memiliki struktur penyusun dan kelengkapan yang berbeda.

Demikianlah penjelasan tentang “sel tumbuhan lebih kuat dan lebih kaku dibanding sel hewan karena sel tumbuhan memiliki dinding sel”.

link sumber

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar