sel yang intinya memiliki selaput inti disebut

Sel yang Intinya Memiliki Selaput Inti Disebut Eukarion

Jenis sel berdasarkan ada tidaknya membran inti dibedakan menjadi eukarion dan prokarion. Sel yang intinya memiliki selaput inti disebut dengan eukarion. Sedangkan sel yang intinya tidak memiliki membran inti disebut dengan prokarion.

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun makhluk hidup. Sel tersusun atas organel-organel sel. Salah satu organel sel adalah inti sel atau nukleus. Apabila nukleus memiliki membran atau selaput tipis maka sel tersebut adalah sel eukarion. Sebaliknya jika nukleus tidak memiliki membran atau selaput tipis maka sel tersebut adalah sel prokarion.

Sel eukarion memiliki bermacam-macam struktur yang dibatasi membran yang secara kolektif disebut dengan sistem endomembran. Artinya tidak hanya inti sel,organel-organel lain pada sel eukarion juga memiliki membran yang membentuk sistem. Berbagai membran dalam sel eukarion adalah bagian dari sistem endomembran. Di antara membran satu dengan membran yang lain dapat dipisahkan oleh ruang sederhana yang terbentuk yang disebut dengan vesikel atau vakuola.

Organisme yang selnya berupa sel eukarion disebut dengan eukariota. Jadi eukarion adalah nama selnya sedangkan eukariota adalah nama organismenya.

Demikianlah penjelasan tentang “sel yang intinya memiliki selaput inti disebut dengan eukarion”.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar