Apa yang Dimaksud dengan Siklus Air?

Siklus air, pernahkah Anda menjumpai istilah tersebut? Istilah ini bisa kita temui di mata pelajaran sekolah, koran, berita di televisi, atau di internet. Hal ini karena siklus air adalah peristiwa alam yang selalu terjadi dan memengaruhi kehidupan. Sebut saja seperti terjadinya hujan, terjadinya musim kemarau, perubahan cuaca, dan lain sebagainya. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan siklus air?

Siklus air terdiri dari dua kata, yaitu siklus dan air. Menurut KBBI, siklus adalah putaran waktu yang di dalamnya terdapat rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur. Siklus disebut juga dengan daur.

Sedangkan air, tentu Anda bisa mengetahuinya bukan? Air yang kita minum, air di kolam, air di sungai, air hujan, air laut, air danau, dan lain sebagainya; itulah yang disebut air. Namun, dalam siklus air, air bukan sebatas itu. Es dan uap yang mengebul saat kita merebus air juga disebut dengan air. Jadi, pengertian air di sini adalah molekul H2O baik itu dalam bentuk cair, padat, maupun gas.

Setelah mengetahui apa itu siklus dan air, sekarang kita bahas apa itu siklus air. Siklus air adalah perputaran air dari atmosfer ke bumi, lalu kembali lagi ke atmosfer, begitu seterusnya secara berulang-ulang tanpa berhenti.

Bagaimana siklus air terjadi? Siklus air terjadi lewat proses penguapan dan pengembunan. Air yang ada di bumi menguap menjadi uap air. Itulah mengapa jemuran kita menjadi kering, terjadinya kekeringan, dan lain sebagainya itu karena airnya menguap. Penguapan skala besar terjadi di laut, karena jumlah air di sana sangat banyak.

Uap air ini terkumpul di atmosfer membentuk awan. Awan tersebut kemudian mengembun sehingga menjadi air dan jatuh ke bumi. Inilah yang disebut dengan hujan. Sebenarnya hujan dalam siklus air tidak hanya berupa hujan air saja, bisa juga hujan es dan hujan salju.

Air hujan jatuh ke bumi dan mengalami beberapa proses dan berubah menjadi berbagai jenis air, seperti air sungai, air sumur, dan lain sebagainya. Nantinya, air-air tersebut akan menguap lagi dan kembali ke atmosfer. Begitulah siklus air yang terjadi secara berulang-ulang.

Itulah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan siklus air. Siklus air adalah bagian dari proses-proses yang terjadi di alam yang tidak bisa dihentikan.

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar