Siklus Hidup Lebah

Admin

Kembali lagi bersama Blog Edutorial. Kali ini kita akan mempelajari siklus hidup lebah. Bagaimana kehidupan lebah dari telur hingga dewasa dan berkembang biak lagi? Baca penjelasannya berikut ini.

Lebah adalah hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Artinya, lebah mengalami empat tahapan dalam siklus hidupnya. Keempat tahapan tersebut yaitu: telur -> larva -> pupa -> lebah dewasa.

Lebah dewasa berkembang biak dengan menghasilkan telur. Setelah itu telurnya akan menetas menjadi larva. Makanan larva lebah berupa serbuk sari, nektar, dan madu yang didapat dari lebah pekerja. Pada tahap selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa dan berubah lagi menjadi lebah.

1. Telur

Jenis kelamin lebah ditentukan oleh apakah telur dibuahi atau tidak. Telur yang dibuahi menghasilkan lebah betina dan telur yang tidak dibuahi menghasilkan lebah jantan. Telur lebah biasanya berbentuk persegi panjang, agak melengkung dan meruncing di salah satu ujungnya.

2. Larva

Larva biasanya berupa belatung berwarna keputihan, berbentuk oval kasar dan runcing di kedua ujungnya. Larva lebah mempunyai lima belas segmen dan spiral di setiap segmen untuk bernafas. Larva lebah tidak mempunyai kaki tetapi mampu bergerak dalam batas-batas sel dengan dibantu oleh tubercles di sisi mereka. Terdapat kelenjar di bawah mulut larva lebah yang mengeluarkan cairan kental yang membeku menjadi sutra yang mereka gunakan untuk menghasilkan kepompong.

3. Pupa

Pupa lebah bisa dilihat melalui kepompong semi-transparan dan selama beberapa hari, pupa lebah mengalami metamorfosis menjadi bentuk lebah dewasa

4. Lebah Dewasa

Ketika siap untuk muncul, lebah membelah kulit punggungnya dan memanjat keluar dari exuviae sebagai lebah dewasa bersayap dan keluar dari kepompong.

Kesimpulan: siklus hidup lebah terdiri dari 4 tahapan yaitu: telur -> larva -> pupa -> lebah dewasa.

Referensi:

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Apa Sajakah Interaksi dalam Sebuah Ekosistem?

Apakah kamu pernah memperhatikan sebuah ekosistem? Apa yang terjadi? Ya, makhluk hidup di dalamnya saling berinteraksi. Lalu Apa sajakah interaksi dalam sebuah ekosistem? Ayo kita bahas bersama-sama! Di ekosistem, makhluk hidup saling berinteraksi. Tidak ada organisme yang hidup secara terisolasi. Meskipun ada organisme yang hidup secara soliter atau sendiri tetapi […]
interaksi dalam sebuah ekosistem