sumber energi panas
Pengetahuan Alam

Macam-macam Sumber Energi Panas, Apa Saja Itu?


Di alam, sumber energi panas sangat melimpah ruah. Kita memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari sadar atau tidak sadar. Bahkan jika kita diam dan tidak melakukan apapun, kita tetap menggunakan energi panas dalam hidup. Sebagai contoh, kita menggunakan energi panas matahari. Selain itu saat kita makan, sebenarnya makanan yang sedang makan tersebut adalah sumber energi panas dalam bentuk kalori.

Masih banyak sumber energi panas yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa saja itu tersebut, berikut di antaranya:

Matahari

Matahari adalah sumber energi panas utama di bumi. Kita biasa memanfaatkan energi panas matahari untuk berjemur, menjemur tubuh, menjemur pakaian, atau menjemur yang lain. Tanpa kita berjemur pun, sebenarnya kita menggunakan energi panas matahari untuk hidup. Tanpa energi matahari, bumi ini akan dingin dan beku.

Kalau tidak percaya, coba lihat daerah yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari, pasti di sana dingin. Coba lihat di kutub Utara. Di sana sangat dingin. Sebaliknya coba lihat di daerah khatulistiwa, di sini cukup banyak mendapatkan sinar matahari sehingga cuacanya cukup panas. Dengan begitu jika tidak ada energi panas matahari sama sekali, tentu bumi ini akan dingin secara keseluruhan.

Bahan bakar fosil

Bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas alam, dan batubara merupakan contoh sumber energi panas.

Kita menggunakan bahan bakar tersebut dengan membuat api dari bahan bakar itu.

Gesekan dua benda

Dua benda yang bergesekan akan menghasilkan panas. Orang zaman dulu membuat api dengan cara menggosok-gosokkan kayu atau batu. Kegiatan tersebut menghasilkan panas dan akhirnya memicu api.

Contoh lainnya yaitu saat kita kedinginan, kita bisa menggosok-gosokkan telapak tangan untuk menghasilkan energi panas yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Listrik

Listrik sendiri merupakan sebuah energi yaitu energi listrik. Energi listrik bisa diubah menjadi energi panas. Contohnya saat kita menyetrika, memanggang menggunakan oven listrik atau microwave, memanaskan air menggunakan dispenser, atau memasak nasi menggunakan rice cooker.

Panas bumi

Sebenarnya di dalam dunia ini terdapat inti bumi yang menghasilkan panas.

Coba perhatikan saat terjadi peristiwa gunung meletus. Gunung meletus menghasilkan lava yang sangat panas. Lafal tersebut berasal dari magma yang ada di inti bumi.

Biomassa

Biomassa juga merupakan salah satu sumber energi panas yang ada di alam. Salah satu contohnya yaitu kayu bakar. Kayu bakar bisa kita gunakan untuk menghasilkan energi panas dengan cara membakarnya.


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar