Troposfer: Lapisan Atmosfer yang Jaraknya Paling Dekat dengan Permukaan Bumi

Admin
Troposfer: Lapisan Atmosfer yang Jaraknya Paling Dekat dengan Permukaan Bumi

Seperti yang kita tahu bahwa bumi kita ini diselimuti oleh atmosfer yang berlapis-lapis. Lapisan atmosfer yang jaraknya paling dekat dengan permukaan bumi adalah troposfer. Ketika kita berdiri di atas tanah, kaki kita menginjak permukaan bumi yang merupakan kerak bumi dan kita berada di lapisan troposfer yang merupakan lapisan atmosfer yang jaraknya paling dekat dengan permukaan bumi. Lapisan troposfer dimulai dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah dan memiliki ketebalan kurang lebih 15 km dan ini merupakan yang tertipis dibandingkan lapisan-lapisan atmosfer lainnya.

Lapisan troposfer adalah satu-satunya lapisan atmosfer yang terdapat fenomena cuaca. Jadi cuaca-cuaca seperti hujan, mendung, angin, salju, terik, gerimis, berawan dan lainnya terjadi di lapisan troposfer. Dalam lapisan troposfer terdapat kombinasi gas yang ideal menopang kehidupan makhluk hidup di bumi.

Lapisan terendah atmosfer bumi adalah lapisan yang terhangat Jadi troposfer lebih hangat daripada lapisan lain dan semakin tinggi maka semakin berkurang suhu udaranya. Hal itu disebabkan karena lapisan troposfer adalah yang terdekat dari permukaan bumi dan permukaan bumi menyerap radiasi panas matahari lalu menyalurkannya ke udara. Itulah kenapa daerah-daerah dataran tinggi dan pegunungan lebih dingin daripada daerah-daerah dataran rendah.

Di atas lapisan troposfer terdapat lapisan atmosfer selanjutnya yaitu lapisan stratosfer. Di antara troposfer dan stratosfer terdapat lapisan yang membatasi keduanya yaitu lapisan tropopause.

Sumber:

12
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prospek Kerja Teknik Sipil

Di tengah-tengah pembangunan yang sedang gencar dilaksanakan, prospek kerja teknik sipil sangatlah menjanjikan. Negara kita adalah negara berkembang yang sedang rajin melakukan pembangunan demi kemajuan negara. Pembangunan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Para ahli teknik sipil sangat dibutuhkan dalam membangun infrastruktur fasilitas […]