tujuan ban mobil diberi alur adalah

Tujuan Ban Mobil Diberi Alur Adalah

Pernahkah kamu memperhatikan ban mobil? Kalau kita amati, permukaan ban mobil tidak mulus karena terdapat alur atau lekukan yang memanjang mengelilingi permukaan ban. Bukan tanpa alasan, pemberian alur pada ban mobil tentu memiliki tujuan. Apa tujuan ban mobil diberi alur?

Tujuan ban mobil diberi alur adalah untuk memperbesar gaya gesek dengan jalan. Dengan begitu persinggungan antara permukaan ban dan permukaan jalan akan memicu gaya gesek yang besar sehingga ban tidak tergelincir. Ini merupakan faktor keamanan yang penting dalam menggunakan ban. Ban suatu saat akan aus jika terus menerus digunakan karena seringnya permukaan ban tergosok pemukaan jalan. Jika sudah aus atau rusak dan permukaan ban menjadi halus maka ban tersebut harus diganti. Akan berbahaya jika ban yang sudah aus terus menerus kita gunakan. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kedalaman alur di setiap telapak ban. Apabila kedalaman alurnya kurang dari 1,6 milimeter dari permukaan atas baris TWI, itu berarti ban mobil atau kendaraan lainnya harus diganti.

Ngomong-ngomong, bukan hanya ban saja lho yang permukaannya mempunyai alur. Bagian bawah sandal dan sepatu biasanya juga mempunyai alur dengan fungsi yang sama. Dengan begitu kita tidak mudah tergelincir jika sedang berjalan, apalagi kalau kondisi jalan basah.

Berlangganan via Email

Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hosting Unlimited Indonesia