Upaya Petani Untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Melalui Diversifikasi Adalah

EDUTORIAL.ID
prospek kerja agronomi
prospek kerja agronomi

Upaya petani untuk meningkatkan produksi pertanian melalui diversifikasi salah satunya adalah dengan sistem tumpang sari.

Diversifikasi adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara menanam lebih banyak jenis tanaman pada suatu lahan pertanian. Diversifikasi tanaman dilakukan supaya pertanian tidak hanya menghasilkan satu jenis tanaman. Contoh diversifikasi pertanian adalah sistem tumpang sari. Sistem tumpang sari yaitu menanam dua jenis atau lebih tanaman secara bersamaan atau agak bersamaan pada lahan yang sama. Misalnya, menanam secara bersamaan ubi kayu, kedelai, dan jagung. Diversifikasi dapat dilakukan diantara dua musim tanam atau pada satu musim secara bersamaan.

Diversifikasi pertanian dengan sistem tumpang sari yaitu melakukan sistem  penanaman campuran dalam satu lahan produktif. Penggunaan tanaman lain di antara tanaman pokok sangat dianjurkan. Hal itu disebabkan selain untuk menambah  produksi tanaman, sistem tanam ini juga mampu membantu tanaman dalam menahan serangan hama dan juga ikut menambah unsur hara pada lahan.

Pola penanaman tumpang sari dapat memaksimalkan lahan jika dibanding pola monokultur karena:

  • Hasil panen pada lahan yang tidak luas bisa beberapa kali dengan usia panen dan jenis tanaman berbeda,
  • petani mendapatkan hasil jual yang saling menguntungkan atau menggantikan dari tiap jenis tanaman berbeda dan,
  • resiko kerugian bisa ditekan karena terbagi pada setiap tanaman.

Demikianlah penjelasan tentang “Upaya petani untuk meningkatkan produksi pertanian melalui diversifikasi salah satunya adalah dengan sistem tumpang sari”.

Sumber:


Subscribe
Notifikasi
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Next Post

Blooming Algae Disebabkan Oleh

Blooming algae adalah suatu keadaan dimana terjadi peningkatan poulasi alga (biasanya alga mikroskopis) secara berlebihan disuatu ekosistem perairan. Blooming algae disebabkan oleh eutrofikasi atau peningkatan jumlah nutrisi di suatu ekosistem perairan secara berlebihan. Salah satu penyebab eutrofikasi adalah penggunaan pupuk buatan secara berlebihan. Jadi blooming algae disebabkan salah satunya oleh […]
blooming algae disebabkan oleh