Bikin Kangen, Inilah Hal-hal yang Cuma Ada di Bulan Ramadhan

Ya Ramadan Ya Ramadan, Bulan yang amat Kunantikan.

Beberapa hal hanya bisa kita jumpai di bulan Ramadan. Hal itu bisa berupa ibadah dan amalan bulan Ramadan, bisa juga berupa tradisi lokal yang membuat bulan Ramadan terasa khas. Bahkan sebelum bulan Ramadan tiba, orang-orang mempersiapkan dan menyambutnya dengan antusias.

Berbicara tentang tradisi, tentu setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam menyambut dan mengisi bulan Ramadan. Tradisi Ramadan di Indonesia bisa saja berbeda dengan tradisi Ramadan di negara lain. Bahkan, tradisi Ramadan di satu daerah di Indonesia bisa berbeda dengan tradisi Ramadan daerah lainnya.

Meskipun setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam memeriahkan bulan Ramadan, ada juga beberapa tradisi yang umum dan dapat dijumpai hampir di seluruh daerah di Indonesia. Berikut beberapa hal yang cuma ada di bulan Ramadhan yang umumnya bisa kita jumpai di Indonesia:

Shalat Tarawih

Tarawih adalah shalat yang khusus dilakukan di bulan Ramadhan. Setiap malam bulan Ramadhan, kaum muslimin berduyun-duyun mendatangi masjid atau mushalla terdekat untuk melaksanakan shalat Tarawih berjamaah. Shalat Tarawih dilakukan setelah shalat Isya’ dan ditutup dengan shalat Witir.

Nah, ini bisa menjadi kesempatan buat kamu untuk memperbanyak pahala di bulan yang penuh berkah ini, salah satunya dengan shalat Tarawih.

Tadarus Al-Qur’an

Tadarus bersama biasa dilakukan di mushalla-mushalla dan di masjid-masjid sehabis tarawih. Suaranya yang terdengar sampai ke pelosok kampung, menjadi nuansa tersendiri di malam bulan Ramadhan.

Ngabuburit

Pada sore hari bulan Ramadhan, banyak orang yang melakukan ngabuburit, yakni kegiatan yang dilakukan sambil menunggu waktu berbuka. Ngabuburit ini bisa dilakukan dengan berbagai macam kegiatan. Misalnya, jalan-jalan, mengaji, dan lain-lain. Pastikan kegiatan ngabuburitmu bermanfaat ya guys.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram?

Buka bersama

Di bulan Ramadhan, kamu mungkin akan diajak teman-temanmu untuk mengadakan acara buka bersama atau biasa disingkat dengan Bukber. Kegiatan yang satu ini sering dijadikan ajang reuni dengan teman-teman kita dulu. Baik itu teman SMP, Teman SMA, Teman kuliah atau teman–teman yang lain. Ini kesempatanmu untuk tetap menjalin keakraban dengan mereka. Perlu diingat ya guys, jangan sampai gara-gara buka bersama, jadi lalai kewajiban.

Membangunkan orang untuk sahur

Saat waktu sahur, kamu akan mendengarkan suara bedug, kentongan, dan alat lainnya dipukul oleh anak-anak dan para pemuda di sekitar rumah. Mereka berkeliling untuk membangunkan orang-orang yang sedang tidur supaya bangun untuk sahur.

Selain itu, membangunkan orang untuk sahur juga dilakukan lewat mikrofon mushalla yang kemudian dilanjutkan dengan bunyi ngiiingng sebagai pertanda waktu imsak.

Bagi kamu yang ikut berkeliling, pastikan kamu dan teman-temanmu melakukannya di saat yang tepat ya. Jangan melakukannya terlalu dini, yang ada kamu malah mengganggu orang-orang yang sedang istirahat.

Ucapan selamat

“Kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa”, ucapan-ucapan selamat seperti itu akan sering kamu jumpai di bulan Ramadhan. Kamu akan menemukan ucapan selamat ini di mana-mana, di TV, di Koran dan di jalan-jalan.

Makanan dan minuman khas

Ada makanan yang khas di bulan Ramadhan seperti kolak, timun suri, dan lain-lain. Waktu sore akan banyak pedagang makanan dan minuman yang ditemui di pinggir jalan.

Petasan

Untuk poin yang satu ini, sebaiknya jangan dilakukan ya guys. Bermain petasan sempat membudaya di bulan Ramadhan, tetapi bukan berarti kebiasaan ini perlu dilestarikan. Selain kurang bermanfaat, permainan ini juga sangat berbahaya.

***

Demikianlah beberapa hal yang cuma ada di bulan Ramadhan yang umumnya bisa kita jumpai di Indonesia. Bikin kangen kan?

Subscribe
Notifikasi
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar